Spirit Nabi Sulaiman

Assalamualaikum

Kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya dapatkan dari ceramah Ust. Yusuf Mansur. Sebuah ceramah yang membuka pikiran saya ketika kita minta sesuatu ke Allah.

Hasil gambar untuk orang berdoa

Pada awal ceramah, Ust. Yusuf bilang banyak orang ketika dalam kondisi susah terhimpit utang misalnya dia cuma berdoa "Ya Allah, tolong lunasin hutang saya." atau ketika kena PHK berdoanya cuma bilang "Ya Allah, kasih saya pekerjaan apa aja deh ya Allah yg penting halal dan bisa buat hidup." Kata2 yang semakna dengan contoh doa tersebut sering kita ucapkan. Ya ngga salah sih, cuma apa pernah kita mikir bahwa Allah itu sanggup untuk memberi hal yang lebih dari itu dan kalaupun kita tahu bahwa mengabulkan apapun itu hal yg mudah bagi Allah, kenapa kita cuma minta segitu??? kenapa kita berdoa seperti the loser, tidak sebagai the winner.

Kemudian Ust. Yusuf Mansur membacakan surat Shaad ayat 30 - 40, yang menjelaskan tentang kisah Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman adalah putra Nabi Daud yang berarti seorang pangeran. Memiliki kekuasaan dan kerajaan. Dikisahkan bahwa Nabi Sulaiman memiliki ribuan kuda balap (kalau sekarang kayak mobil ferari yak wkwk), kemudian Nabi Sulaiman mendapat ujian berupa hilangnya kekuasaan dan kekayaan yang dia miliki. 

Lalu apa yang dilakukan Nabi Sulaiman dalam keadaan bangkrut??? Dia berdoa, yang doa nya itu luar biasa, Dia tidak meminta kerajaan nya kembali, Dia tidak minta diberi kekayaan spt waktu Dia kaya raya. Tapi yang diminta oleh Nabi Sulaiman adalah kerajaan yang tidak pernah dimiliki oleh umat sebelumnya dan umat yang akan datang. Luar biasa sekali doa dan semangat Nabi Sulaiman dalam berdoa, meminta sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya bukan sesuatu yang sama seperti dulu yang pernah dia miliki. 

Dari kisah Nabi Sulaiman itu hendaknya kita sadar, bahwa kenapa sih kita kok selalu tanggung dalam berdoa. Seakan akan kita membatasi diri kita dalam meminta sesuatu kepada Allah yang Maha Kuasa. Kuy, mulai dari sekarang kita biasakan diri kita untuk minta sesuatu yang luar biasa. Kita minta agar kita punya kesuksesan, kekayaan dan kekuasaan di dunia dan kita juga sukses di akhirat. 

Sumber gambar : tugujuang.com


Comments