Apa itu IACS ?

Assalamualaikum

Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu :)

Sudah lama nih gak nulis blog, biasa orang sibuk hehehehe


Kali ini mozaix22 mau bagiin info mengenai IACS. Apa sih IACS itu?

Hasil gambar untuk IACS
Buat temen2 yang udah pernah berhubungan dengan dunia maritim pasti tahu apa itu IACS. 
IACS adalah singkatan dari International Association of Classification Societies, yaitu kumpulan dari 12 biro klasifikasi di dunia. IACS sendiri berfungsi untuk membuat regulasi tentang kelautan seperti kapal, bangunan lepas pantai dan fasiliatas yang berada di laut. Regulasi ini dibuat untuk menciptakan kemanan dan keselamatan bagi pekerja serta menjaga kebersihan laut.

Mau tahu lebih tentang IACS? Baca terus ya :)
Sejarah IACS 
IACS didirikan pada tanggal 11 September 1968, di Hamburg, Jerman. Seperti yang udah mimin kasih tau, IACS terdiri dari 12 biro klasisfikasi. Berawal dari International Load Line Convention 1930, merekomendasikan adanya kolaborasi antara klasifikasi untuk mengamankan "sebanyak mungkin keseragaman dalam penerapan standar...".

Registro Italiano Navale (RINA) menjadi tuan rumah konferensi pertama bagi beberapa biro kalisifikasi besar pada tahun 1939 - dihadiri oleh ABS, BV, DNV, GL, LR dan NK - yang menyepakati kerjasama lebih lanjut antara biro klasifikasi.

Konferensi kedua, yang diselenggarakan pada tahun 1955, menyebabkan terciptanya kerjasama untuk topik terntentu dan, pada tahun 1968, terbentuklah IACS dengan tujuh anggota biro klasifikasi. Pada tahun 1969, IACS diberi status konsultatif oleh IMO. Keanggotaannya telah meningkat sejak saat itu hingga sekarang menjadi 12 anggota.

Anggota-Anggota IACS
2. Bureau Veritas (BV)
8. Lloyd's Register (LR)
9. Nippon Kaiji Kyokai (NK/ClassNK)

Oke itu aja dari mozaix22, yang mau tahu lebih banyak tentang masing2 biro klasifikasi langsung klik aja nama nya hehehe. Bye...

Sumber : 

Quote :
"I stand upon my desk to remind myself that we must constantly look at things in a different way"
(Dead Poets Society)


Comments