Ukuran Utama Kapal dan Istilah dalam Desain Kapal

Assalamualaikum

Hai Sobat, kali ini saya akan membahas mengenai kapal.


Ya sebelumnya saya pernah membahas ttg jenis2 kapal berdasarkan fungsinya. Nah  skrng kita akan membahas ukuran utama kapal dan istilah dalam desain kapal.


FP  : Fore/forward perpendicular (garis tegak haluan), adalah garis tegak yang dibuat melalui perpotongan antar linggi haluan dengan garis air muat.

AP   : After perpendicular (garis tegak buritan), adalah garis tegak yng dibuat melalui linggi kemudi bagian belakang. Jika kapal tidak memiliki linggi kemudi, maka garis tegak itu dibuat melalui sumbu poros kemudi.

Lpp  : Length between perpendiculars, panjang antara kedua garis tegak buritan(AP) dan garis tegak haluan(FP) yang diukur pada garis air muat

Lwl  Length on the waterlineadalah jarak mendatar antara kedua kedua ujung garis muat. LWL diukur dari titik potong linggi haluan sampai titik potong linggi buritan dan tidak termasuk tebal kulit lambung.

Loa  : Length overall, adalah panjang keseluruhan kapal yang diukur dari ujung buritan sampai ujung haluan


H  : Height/depth, adalah jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak terendah, ditepi diukur ditengah-tengah panjang kapal (Lpp).

B  Breadthlebar yang direncanakan adalah jarak mendatar gading tengah kapal yang diukur pada bagian luar gading (tidak termasuk tebal kulit lambung).



T  : Draught/draft (sarat yang direncanakanjarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.

Tmax  : Maximum draught/draft, tinggi terbesar lambung kapal yang terendam di dalam air diukur dari garis air muat sampai bagian kapal yang paling rendah.



Trim by bow(garis merah) : Trim haluan kapal dimana TFP>TAP

Trim by stern(garis biru) : Trim buritan kapal dimana TFP<TAP



Rise of Floor adalah kemiringan dasar Kapal dari garis tengah/lunas sampai bilga (dasar kapal yang tidak horisontal)

Tumble home adalah kemiringan lambung Kapal akibat pengurangan lebar kapal diatas garis air (kemiringan sisi kapal ke arah dalam dekat geladak atas)

Flare adalah bentuk yang membentang/merentang keluar

Camber adalah lengkungan melintang kapal

Deck camber: lengkung melintang geladak


Beam camber: lengkung lintang balok

Okelah itu tadi merupakan ukuran2 utama di kapal dan istilah2nya
Sampai Jumpa. Wassalamualaikum


Quote :
Do what is right, not what is easy

Comments

Post a Comment