Assalamualaikum
Hai Sobat, kali ini saya akan membahas mengenai kapal.
Ya sebelumnya saya pernah membahas ttg jenis2 kapal berdasarkan fungsinya. Nah skrng kita akan membahas ukuran utama kapal dan istilah dalam desain kapal.
FP : Fore/forward perpendicular (garis tegak haluan), adalah garis tegak yang dibuat melalui perpotongan antar linggi haluan dengan garis air muat.
AP : After perpendicular (garis tegak buritan), adalah garis tegak yng dibuat melalui linggi kemudi bagian belakang. Jika kapal tidak memiliki linggi kemudi, maka garis tegak itu dibuat melalui sumbu poros kemudi.
Lpp : Length between perpendiculars, panjang antara kedua garis tegak buritan(AP) dan garis tegak haluan(FP) yang diukur pada garis air muat
Lwl : Length on the waterline, adalah jarak mendatar antara kedua kedua ujung garis muat. LWL diukur dari titik potong linggi haluan sampai titik potong linggi buritan dan tidak termasuk tebal kulit lambung.
Loa : Length overall, adalah panjang keseluruhan kapal yang diukur dari ujung buritan sampai ujung haluan
H : Height/depth, adalah jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak terendah, ditepi diukur ditengah-tengah panjang kapal (Lpp).
B : Breadth, lebar yang direncanakan adalah jarak mendatar gading tengah kapal yang diukur pada bagian luar gading (tidak termasuk tebal kulit lambung).
T : Draught/draft (sarat yang direncanakan) jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.
Tmax : Maximum draught/draft, tinggi terbesar lambung kapal yang terendam di dalam air diukur dari garis air muat sampai bagian kapal yang paling rendah.
Trim by bow(garis merah) : Trim haluan kapal dimana TFP>TAP
Trim by stern(garis biru) : Trim buritan kapal dimana TFP<TAP
Okelah itu tadi merupakan ukuran2 utama di kapal dan istilah2nya
Sampai Jumpa. Wassalamualaikum
Quote :
Do what is right, not what is easy
Hai Sobat, kali ini saya akan membahas mengenai kapal.
Ya sebelumnya saya pernah membahas ttg jenis2 kapal berdasarkan fungsinya. Nah skrng kita akan membahas ukuran utama kapal dan istilah dalam desain kapal.
FP : Fore/forward perpendicular (garis tegak haluan), adalah garis tegak yang dibuat melalui perpotongan antar linggi haluan dengan garis air muat.
AP : After perpendicular (garis tegak buritan), adalah garis tegak yng dibuat melalui linggi kemudi bagian belakang. Jika kapal tidak memiliki linggi kemudi, maka garis tegak itu dibuat melalui sumbu poros kemudi.
Lpp : Length between perpendiculars, panjang antara kedua garis tegak buritan(AP) dan garis tegak haluan(FP) yang diukur pada garis air muat
Lwl : Length on the waterline, adalah jarak mendatar antara kedua kedua ujung garis muat. LWL diukur dari titik potong linggi haluan sampai titik potong linggi buritan dan tidak termasuk tebal kulit lambung.
Loa : Length overall, adalah panjang keseluruhan kapal yang diukur dari ujung buritan sampai ujung haluan
H : Height/depth, adalah jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak terendah, ditepi diukur ditengah-tengah panjang kapal (Lpp).
B : Breadth, lebar yang direncanakan adalah jarak mendatar gading tengah kapal yang diukur pada bagian luar gading (tidak termasuk tebal kulit lambung).
T : Draught/draft (sarat yang direncanakan) jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.
Tmax : Maximum draught/draft, tinggi terbesar lambung kapal yang terendam di dalam air diukur dari garis air muat sampai bagian kapal yang paling rendah.
Trim by bow(garis merah) : Trim haluan kapal dimana TFP>TAP
Trim by stern(garis biru) : Trim buritan kapal dimana TFP<TAP
Rise of Floor adalah
kemiringan
dasar Kapal dari
garis
tengah/lunas
sampai bilga (dasar kapal
yang tidak
horisontal)
Tumble
home adalah
kemiringan
lambung Kapal akibat
pengurangan
lebar
kapal
diatas garis air
(kemiringan
sisi
kapal
ke
arah
dalam
dekat geladak
atas)
Flare
adalah
bentuk
yang membentang/merentang keluar
Camber
adalah
lengkungan
melintang
kapal
Deck
camber:
lengkung
melintang
geladak
Beam
camber:
lengkung
lintang
balok
Sampai Jumpa. Wassalamualaikum
Quote :
Do what is right, not what is easy
bl itu apa kak
ReplyDelete