Info Menarik 4

Assalamualaikum

Gimana kabarnya sobat?

Udah lama nih gak nulis

Kali ini di sesi Info Menarik. Saya akan membahas sesuatu yang sudah gak asing lagi, sesuatu yang sering kita butuhkan dikala ada.......tugas wkwkwkw.

Mau tahu apa itu??? Yuk simak lebih lanjut...


Sejarah Printer

Tadaaa

Ini dia bahasan kita kali ini

Tau nggak sobat bahwasannya printer ini sudah ditemukan sejak abad ke-14 hanya saja dulu tidak secanggih dan sekeren sekarang. Cina adalah negara pertama yang berhasil melakukan inovasi ini. Tapi sayangnya, dalam perkembangan selanjutnya Cina kalah bersaing dengan Eropa disebabkan huruf Cina yang berbeda dibandingkan dengan negara lain.


Pada tahun 1950-an sedang terjadi perkembangan budaya di Eropa. Hal ini membuat kebutuhan untuk produksi dokumen tulisan cepat dan murah. Seorang tukang emas dan pengusaha asal Jerman, Johannes Guternberg berhasil mengembangkan teknologi mesin pencetak secara revolusioner, dan penmuan itu memungkinkan Alkitab dapat dicetak secara massal.

Sejarah Printer InkJet
Printer dengan sistem InkJet(InkJet printer dan Ink Cartridge) diperkenalkan pada tahun 1984.Printer inilah yang sekarang sering kita gunakan ketika mencetak dokumen dibanding printer dengan sistem yang lain. Pada awalnya printer ini kurang diminati, namun lama kelamaan printer ini menggeser printer sistem dot matrik, yang akhirnya printer sistem InkJet ini pada tahun 90-an digunakan di pabrik pabrik. Teknolog dari printer ini terus berkembang hingga sekarang kita bisa mengeprint hitam putih, foto, gambar dan juga dapat mencetak di atas kertas dengan ukuran dan jenis yang berbeda.

Sejarah Printer LaserJet
Printer dengan kecepatan tinggi pertama kali dikembangkan oleh Remington-Rand pada tahun 1953, yang digunakan di UNIVAC computer.
Chester Carlson memperkenalkan proses cetak basah pada tahun 1958 yang dikemudian hari dikenal dengan xerox. hingga akhirnya berkembang menjadi printer laser.
Pada tahun 1969, printer laser dinamakan EARS dikembangkan di Xerox PaloAlto Research Center dan selesai pada tahun 1971. EARS  ini mengadopsi teknologi copy Xerox menjadi printer laser.

Printer Laser Xerox 9700

Teknologi priner dengan sistem laser ini terus berkembang dari tahun 1977 ditemukan Xerox 9700, lalu tahun 1976 IBM meluncurkan IBM 3800 yang menggabungkan teknologi laser dan electrophotography dan ditahun 1992 Hewlett-Packard(HP) meluncurkan produk bernama LaserJet 4 yang menggunakan resolusi 600 x 600 dot per inch (dpi).

Sumber : http://www.stardataservice.com/2013/03/sejarah-printer-teknologi-printing.html

Quote :
"The greatest discovery of our generation is that human beings can alter their lives by altering their attitudes of mind. As you think, so shall you be."
(William James)

Comments