Pentingnya Menuntut Ilmu

Assalamualaikum

Hai sobat blogger, gimana kabarnya???

Mudah2an sehat dan semakin bermanfaat bagi orang di sekitar kita.

Bicara ttg bermanfaat, apasih yg menjadikan kita bisa bermanfaat?

Salah satu yg membuat kita bermanfaat adalah dengan menuntut ilmu.


Memangnya seberapa pentingkah ilmu itu?

Di dalam agama islam, setiap orang islam diwajibkan utk menuntut ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu selain agama. Selain itu orang yg berilmu pasti lebih bisa melakukan banyak hal dibanding orang yg tidak berilmu.

Lalu bagaimana dgn kondisi ketika seseorang dilahirkan lebih cerdas dibanding yg lainnya?
Banyak dari kita merasa enggan menuntut ilmu krn tidak terlahir secerdas teman2 kita, tetangga kita, kakak atau adik kita. Akhirnya kita sering mengandalkan orang yg lebih pintar di waktu2 yg penting(ujian, mengerjakan laporan, dll). Kondisi inilah yg sebenarnya membedakan orang yg berilmu dgn yg tidak, karena pada dasarnya ketika orang menuntut ilmu sama2 merasakan kepahitan dan kesusahannya tp memang itulah kenikmatan mnuntut ilmu. Pada dasarnya jalan yg ditempuh sama2 susah hanya berbeda urutan mulainya saja, ada yg mulai di no urut 1 ada yg mulai di no urut 10.

Memang apa saja yg bisa didapat dengan ilmu?
Utk pertanyaan ini, ada kisah menarik ttg Nabi Sulaiman.
Suatu ketika, Nabi Sulaiman ditawari oleh Allah memilih antara ilmu, harta, dan tahta. Nabi Sulaiman dengan tegas memilih ilmu, dan pilihan tersebut adalah yang terbaik. Dengan pilihan itu juga, Nabi Sulaiman akhirnya mendapatkan harta dan tahta sebagai raja, dengan kehendak Allah. Nabi Sulaiman adalah raja yang sangat kaya dengan wilayah kekuasaan yang luas. Raja-raja lain menaruh hormat kepadanya. Kemampuan khusus yang diberikan oleh Allah untuk berkomunikasi dengan binatang menjadikannya semakin khusus.

Gimana sudah taukan pentingnya ilmu itu, krn dgn ilmu kita bisa mendapatkan harta dan tahta, tp belum tentu sebaliknya.

Okelah kalau begitu. Sampai di sini dulu perjumpaan kita. Wassalamualaikum

Quote :
"I have no special talent, I am only passionately curious"
(Albert Einstein)

Comments