Jaya Maritimku!!! Jaya Bangsaku!!!

Hasil gambar untuk nenek moyangku seorang pelaut

Masih teringat jelas di dalam benakku lagu ini. Sebuah lagu yang sering kita dengar sewaktu SD. Lagu yang menggambarkan kehabatan bangsa Indonesia dari segi maritimnya. Jika kita kembali ke belakang kita akan ingat bagaimana kerajaaan Sriwijaya menopangkan roda ekonominya pada laut, hingga bisa memepersatukan sebagian besar wilayah Indonesia. Begitu hebatnya sebuah kerajaan yang dulunya kecil dan tidak terdengar namanya tiba - tiba bisa menjadi kerajaan sekuat itu.

"Lantas bagaimana keadaannya sekarang???" 

"Bangsa ini sudah melupakan potensi terbesarnya." 

Dan semua itu bermula saat Belanda menyerang

Penjajahan bangsa asing selama 3 abad membuat Indonesia lupa akan potensinya, masyarakat dari generasi ke generasi dibuat bodoh dan dibuat lupa akan potensi besar bangsanya. Mereka dibuat mendewakan pertanian dan menganggap remeh kelautan. Belum selesai disitu kebijakan pemerintah untuk mengembangkan secara besar - besaran bidang pertanian membuat rakyat Indonesia amnesia terhadapa potensinya.

Tidak hanya lupa, bangsa ini juga tidak sadar betapa banyak kekayaan dari laut yang dikuras oleh negara asing, sementara bangsa ini hidup dalam kelaparan, kekurangan makanan.

Miris sekali, negara yg subur tetapi menyimpan kelaparan dan kemiskinan

Namun semuanya masih belum terlambat. Negara ini masih bisa bangkit dan sadar akan potensinya tersebut.

Pemerintah kini mulai memperhatikan laut Indonesia bahkan salah satu visinya utk memajukan maritim. Selain itu juga mulai meningkatkan keamanan lautnya dari para pencuri. 

Dan kini tinggal kita apakah ingin memajukan bangsa ini atau tidak?

Karena bangsa yang hebat adalah bangsa yang memajukan maritimnya. Tak percaya, silakan lihat, kerajaan sriwijaya, majapahit, jepang, inggris, amerika, atau mungkin belanda, tanpa maritim yang kuat belanda tidak bisa datang dan menaklukan bangsa Indonesia

Untuk yg terakhir. Mari kita bersama sama pemerintah membangun bangsa ini menjadi lebih baik dan juga kita doakan agar apa yg di impikan oleh pemerintah utk memajukan maritim menjadi kenyataan

Quote : Bangsa ini bisa maju karena ada masyarakat yang cinta padanya

Comments